“KAOS MERAH” vs “BARET HIJAU”

19 05 2010

Kaos Merah bukanlah sembarang kaos, tetapi kaos merah yang dimaksud ulonk disini adalah perkumpulan massa yang menentang Pemerintah berkuasa di Negara Thailand. Perkumpulan kaos merah melakukan aksi demonstrasi besar-besaran sejak kamis minggu lalu (13/05) dan sampai saat ini aksi demo masih terus berlangsung, bahkan kabarnya telah memakan korban tewas sebanyak 41 orang sampai dengan saat ini (berita ini ditulis).

Baret Hijau adalah julukan bagi tentara yang identik dengan warna hijau karena pada umumnya para tentara selalu memakai seragam dan baret warna hijau pula. Nah di Negara Thailand pada saat ini situasi politik khususnya di kota Bangkok sangat mencekam sekali. Massa kaos merah melakukan aksi demo untuk menentang pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Abhisit. Sementara itu Pemerintah Thailand membalas aksi demonstrasi tersebut dengan mengerahkan aksi militerisme.

Pemerintah seharusnya melindungi rakyat, menjamin kelangsungan hidup rakyat ataupun memberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat bagi rakyat, tetapi yang terjadi saat ini di Thailand malah sebaliknya rakyat diburu dan ditembaki oleh tentara layaknya seperti pemberontak. Memang demo yang berlangsung selama beberapa hari ini tidaklah seperti demo biasanya seperti yang terjadi di Negara kita, namun telah berubah seperti medan perang layaknya Israel vs Rakyat Palestina, namun sekali lagi bahwa rakyat adalah rakyat dan rakyat berhak memberikan pendapat dan suara demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara karena tanpa rakyat pemerintahan tidak akan ada.

Pemerintah Thailand sepertinya menganggap bahwa massa kaos merah ini adalah musuh ataupun pemberontak yang harus ditumpas, terbukti dengan pengerahan kekuatan militer untuk menghalau maupun membubarkan aksi ini. Kekuatan militer yang dikerahkan sampai dengan menurunkan Tank-tank lapis baja untuk menembaki para demonstran. Ironis memang, para demonstran massa kaos merah ini hanyalah rakyat biasa yang tidak memiliki senjata untuk melawan namun yang mereka hadapi adalah para tentara bersenjata lengkap yang didukung oleh tank-tank lapis baja.

Mengerikan sekali..,! begitulah kira-kira situasi yang terjadi didaerah konflik kedua kubu. Militer Thailand menembaki massa dengan membabi buta samapai-sampai seorang wartawan asal Italy terkena tembakan dan akhirnya tewas seketika. Ulonk hanya iba dan kasihan melihat kondisi para demonstran tersebut, karena pada dasarnya mereka hanyalah rakyat biasa yang merupakan bagian dari negara dan bukan musuh, namun militer Thailand tetap memburu mereka dan berita yang ulonk dapat dari media massa bahwasanya aksi militer akan mengepun pusat-pusat kamp massa kaos merah.

Pada akhirnya kita hanya bisa berharap bahwa aksi ini secepatnya selesai dan tidak menjadi konflik panjang hingga perang saudara nantinya, dan tentunya kita juga berharap bahwa pemerintah Thailand dengan berbesar hati membuat keputusan dan langkah-langkah yang tepat untuk mengakhiri konflik ini.


Aksi

Information

One response

20 05 2010
Yudha Akbar

iya , bner tu.. mngerikan skali..
untungnya Indonesia nagara Demokrsi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: